TEBAR WAWASAN

Tebarwawasan.blogspot.com - Blog yang berisi artikel tentang tutorial komputer, pemprograman, aplikasi office dan seputar pengalaman dan kejadian sehari-hari yang sudah Admin temukan solusinya untuk dibagikan kepada para pembaca.

Cara mudah mengambil kata pertama, kata kedua, dan kata ketiga didalam kalimat menggunakan excel

Cara mudah mengambil kata pertama, kata kedua, dan kata ketiga didalam kalimat menggunakan excel
Cara mudah mengambil kata pertama, kata kedua, dan kata ketiga didalam kalimat menggunakan excel
Tebarwawasan.blogspot.com - Pernahkah Anda menemui permasalahan yang cukup rumit dimana kita diminta untuk mengambil sebuah kata yang posisinya ada pada kata pertama, atau kata kedua, atau kata ketiga dan seterusnya di dalam excel? bagi yang terbiasa menggunakan berbagai rumus gabungan di dalam excel pastinya ini akan menjadi sebuah hal yang sulit. Dengan membaca tutorial singkat ini barangkali akan sedikit menambah wawasan Anda dalam menghadapi kasus yang serupa. Silakan simak ilustrasi gambar berikut ini.

Tabel Tugas Tambahan
Tabel tugas tambahan
Dari cuplikan gambar diatas, Admin pernah diberi tugas dimana ada ratusan data dengan nama jabatan tugas tambahan yang berbeda-beda dimana Admin diminta untuk menghitung nama jabatan Ketua Laboratorium, Sekretaris Laboratorium dll. Untuk menyelesaikan masalah tersebut Admin berfikir bagaimana cara untuk mengambil kata pertama dan kedua??? Langkah yang Admin tempuh adalah dengan menggunakan fungsi pengambilan kata yaitu dengan fungsi =LEFT() ataupun fungsi =MID() yang dipadukan dengan fungsi pencarian =FIND() serta fungsi penggabungan =CONCATENATE() dan terakhir baru fungsi untuk menghitung yaitu =COUNTIF().

Silakan lihat gambar penyelesaian berikut ini:
Penyelesaian
Penyelesaian
Dari cuplikan gambar tersebut Admin mula-mula menghitung jumlah karakter pada kata pertama, kedua dan seterusnya. setelah itu tinggal mengkombinasikan dengan fungsi penggabungan terakhir baru fungsi untuk menghitung jumlah data.

Sekian semoga bisa menambah wawasan Anda. 

Salam



1 Response to "Cara mudah mengambil kata pertama, kata kedua, dan kata ketiga didalam kalimat menggunakan excel"

Pembaca yang Budiman, Silakan gunakan kata-kata yang santun dan simpel agar mudah dipahami. Terima kasih