TEBAR WAWASAN

Tebarwawasan.blogspot.com - Blog yang berisi artikel tentang tutorial komputer, pemprograman, aplikasi office dan seputar pengalaman dan kejadian sehari-hari yang sudah Admin temukan solusinya untuk dibagikan kepada para pembaca.

Cara mudah mengkopi data angka agar tidak menjadi bilangan exponen pada Ms Excel (Studi kasus copy NIP PNS)

Tebarwawasan.blogspot.com - Ms Excel merupakan salah satu aplikasi office yang wajib dikuasai ketika seseorang bekerja pada sebuah kantor ataupun tempat lainnya yang berhubungan dengan pengolahan tabel dan angka. Nah, disini apakah Anda pernah menjumpai kasus dimana Anda menkopi data angka dari Ms Word atapun dari Internet ke dalam Ms Excel yang kemudian berubah menjadi bilangan Exponen misal menjadi seperti ini 1,98701E+17? Contoh yang Admin alami adalah saat mengcopy data ribuan NIP PNS dari sebuah aplikasi jadi di Internet ke Dalam Ms Excel dan menjadi bilangan seperti pada gambar ilustrasi gambar dibawah ini:
Cara mudah mengkopi data angka agar tidak menjadi bilangan exponen pada Ms Excel (Studi kasus copy NIP PNS)
Cara mudah mengkopi data angka agar tidak menjadi bilangan exponen pada Ms Excel (Studi kasus copy NIP PNS)


Dari ilustrasi gambar diatas pastinya menjadi hal yang kurang menyenangkan apalagi kalau datanya sudah ribuan, tentu butuh waktu yang cukup lama untuk mengedit satu per satu. Lantas bagaimana solusi untuk masalah tersebut? Silakan simak cara yang Admin pakai dibawah ini:


  1. Copy data NIP dari mana saja sumbernya
  2. Pada lembar worksheet Excel Anda silakan di format menjadi Text
  3. Pilih Paste Spesial
  4. Pilih Text.
  5. Hasilnya.....ajaibkan data normal seperti sumber aslinya.
Sekian tutorial Cara mudah mengkopi data angka agar tidak menjadi bilangan exponen pada Ms Excel (Studi kasus copy NIP PNS). Semoga dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan tutorial ini. 

6 Responses to "Cara mudah mengkopi data angka agar tidak menjadi bilangan exponen pada Ms Excel (Studi kasus copy NIP PNS)"

  1. MAKASIH MAS,.. GOOD BANGETTT SUPERRRR

    BalasHapus
  2. kasus diatas menurut saya hanya berlaku jika kondisi data beraturan alias dalam bentuk tabel. Bagaimana jika dari sebuah aplikasi? dimana NIP hanya terlihat satu per satu. Apakah kita harus melakukan copy dan paste special value untuk setiap NIP? Bagaimana supaya Ctrl+C dan Ctrl+V otomatis menjadi value? (tanpa macro atau aplikasi lain) -- challenge

    BalasHapus
  3. Sangat membantu.. terimakasih

    BalasHapus

Pembaca yang Budiman, Silakan gunakan kata-kata yang santun dan simpel agar mudah dipahami. Terima kasih